A.
Macam Menu Microsoft Excel 2007
Tampilan menu pada Excel 2007 dibedakan menjadi :
1. Office Button
Office Button adalah menu pokok pada Microsoft Office 2007. Untuk menggunakan menu ini klik pada ikon Office Button yang terdapat di pojok kanan. Setelah Office Button diaktifkan (diklik) maka akan muncul pilihan sub perintah dari Office Button.
Untuk menggunakan submenu dari Office Button dengan cara sorot menu yang dipilih kemudian klik mouse.
Misalkan untuk menggunakan menu open maka mouse diarahkan pada ikon menu open kemudian klik mouse.
2. Tab menu
Menu pada Excel 2007 disusun dalam tab-tab menu. Untuk menggunakan tab menu dengan cara sorot tab yang akan dipilih kemudian klik mouse.
3. Ikon
Ikon-ikon pada Excel 2007 merupakan sub menu dari tab menu. Ikon-ikon ini dikelompokkan ke dalam group-group yang dikenal dengan istilah ribbon.
Pengelompokkan ikon-ikon ini sangat memudahkan kita dalam penggunaan perintah-perintah pada excel 2007. Untuk menggunakan perintah dari ikon-ikon tersebut kita cukup mengaktifkan ikon-ikon tersebut dengan cara klik pada ikon yang dipilih.
Misalnya
untuk menggunakan perintah insert Picture sorot ikon Picture.
Ada beberapa
ikon yang memiliki sub ikon. Ikon yang memiliki sub ikon ditandai dengan adanya
tanda panah disudut ikon. Untuk melihat sub ikon klik tanda panah yang ada di
sudut ikon tersebut.
4. Dialog Box
4. Dialog Box
Dialog box
adalah perintah detail yang tersembunyi dari tiap group ribbon. Untuk
mengaktifkan perintah detail tersebut dengan cara klik pada Dialog box yang
terdapat ribbon.
B.
Mengaktifkan Shortcut Microsoft Excel 2007
Antarmuka
ribbon di Excel 2007 lebih mudah digunakan dengan mouse, tapi ada baiknya
kalian juga mengetahui shortcut keyboard Excel 2007 sebagai antisipasi jika
mouse tidak dapat digunakan sebagaimana mestinya ketika bekerja. Shortcut
adalah kombinasi ketikkan tombol-tombol keyboard yang membuat program melakukan
perintah tertentu. Ada cara yang cepat, mudah dan layar akan memperlihatkan apa
yang perlu kalian tekan yaitu cukup tekan tombol ” Alt” semudah itu. Dengan
menekannya, shortcut keyboard akan tampil di bagian atas dari semua seksi yang
ada pada ribbon.
Sebagai
contoh, untuk membuka menu Home, cukup tekan tombol “H” maka akan dibuka menu
Home beserta shortcut dari masing-masing ikon.
Untuk
menggunakan ikon tekan tombol shortcut dari masing-masing ikon. Misalkan untuk
menggunakan atau mengaktifkan ikon Bold dengan cara menekan tombol “1” pada
keyboard.
Berikut
adalah beberapa shortcut Excel yang sering digunakan :
- Tombol-Tombol Dasar
- Tombol-Tombol untuk pindah dan Menggulung (Scrolling) di Lembar kerja atau Buku Kerja
- Tombol-Tombol untuk Menyisipkan, Menghapus, Mengcopy sell Terpilih
- Tombol-Tombol untuk Format Sell
- Tombol-Tombol untuk Menampilkan Kotak Dialog
- Tombol-Tombol untuk Bekerja pada Aktif Sell atau Formula Bar
C.
Aplikasi Penggunaan Menu
1. Menu Standar
1. Menu Standar
a. Membuat
Dokumen Baru
Buku Kerja
(workbook) baru secara otomatis akan disediakan oleh Excel ketika kita membuka
program Excel. Buku kerja tersebut tersusun dari beberapa lembar kerja
(worksheet).
Buku kerja
baru dapat kita buat dengan menggunakan perintah New. Untuk menggunakan
perintah New langkah-langkahnya sbb :
1) Klik
Office Button
2) New
3) Blank and
Resent Blank Workbook
4) Creat
Selain
melalui office button, kita juga dapat melakukan perintah New dengan klik ikon
New yang terdapat pada Quick Access Toolbar atau dengan menekan tombol Ctrl + N
pada Keyboard.
b. Menyimpan
Dokumen
Dokumen yang
kita buat sebaiknya disimpan untuk antisipasi kebutuhan dokumen di lain hari.
untuk menyimpan dokumen Excel langkah-langkahnya sbb :
1) Klik
Office Button
2) Pilih
Save untuk menyimpan dengan format dokumen Excel 2007 (format .xlsx). Pilih
Save As jika ingin menyimpan dengan format lain misalnya menyimpan dengan
format excel 97-2003 (format.xls)
3) Tentukan
lokasi penyimpanan dengan klik pilihan pada kotak Save in.
4) Ketik
nama dokumen pada kotak File name.
5) Klik
tombol Save.
Cara di atas
adalah cara menyimpan dokumen baru atau dokumen lama dengan nama dan format
baru. Untuk menyimpan dokumen lama yang diperbaharui caranya :
1) Klik
Office Button
2) Klik Save
Dapat juga
dengan klik ikon Save yang terdapat pada Quick Accses Toolbar.
c. Menutup
Dokumen
Setelah
selesai bekerja dengan komputer sebaiknya komputer segera dimatikan untuk
menghemat penggunaan listrik. Sebelum komputer dimatikan pertama semua program
harus ditutup. Sebelum menutup program, dokumen yang terbuka sebaiknya ditutup
terlebih dahulu dengan cara :
1) Klik
Office Button
2) Klik
Close
Setelah
dokumen tertutup barulah program ditutup. Untuk menutup program Excel
langkah-langkahnya adalah :
1) Klik
Office Button
2) Exit
Excel
d. Membuka
Dokumen Lama
Dalam
bekerja membuat dokumen ada kalanya kita memperbaharui data yang telah kita
buat. Untuk membuka dokumen yang kita simpan sebelum memperbaharui caranya :
1) Klik
Office Button
2) Klik Open
3) Pilih
lokasi dokumen yang disimpan pada pilihan Look in
4) Pilih
dokumen yang akan dibuka
5) Klik
tombol Open.
2.
Menu Formatting
a. Mengatur
Font
Jenis huruf
dan ukuran huruf dapat kita atur sesuai dengan kebutuhan. Pengaturan huruf
terdapat pada ribbon Font menu Home.
Untuk
mengganti jenis huruf aktifkan sell yang akan diganti hurufnya – klik pilihan
pada kotak Font.
Sedangkan
untuk mengganti ukuran huruf dengan cara aktifkan sell – klik pilihan pada
kotak Font size.
Selain jenis
dan ukuran huruf, kita juga dapat mengatur cetakkan huruf dengan memanfaatkan
fasilitas yang disediakan oleh Excel seperti :
1). Ikon
Bold untuk membuat cetakan Tebal.
2). Ikon Italic
untuk membuat cetakan miring
3). Ikon
Underline untuk membuat cetakan Garis Bawah
Untuk
menggunakan aktifkan sell kemudian klik ikon pengaturan cetakan huruf Bold,
Italic atau Underline.
b. Mengatur
Teks dan Paragraf
Letak data
pada sell dapat kita atur supaya dokumen lebih rapi. Pengaturan penempatan data
dan paragraf terdapat pada ribbon Alignment menu Home.
Untuk
mengatur Text pertama kalian aktifkan sell yang akan diatur kemudian aktifkan
ikon pengaturan text dengan cara klik ikon.
1). Top
Align mengatur teks berada di atas.
2). Middle
Align mengatur teks berada di tengah.
3). Button
Align mengatur teks berada di bawah.
Selain
mengatur letak teks pada sell terdapat juga pengaturan paragraf. Untuk
menggunakan ikon pengaturan paragraf caranya sama ketika menggunakan ikon
pengaturan teks, yaitu mengaktifkan sell kemudian mengaktifkan ikon dengan cara
klik mouse.
1). Align
Text Left mengatur paragraf rata kiri.
2). Center
mengatur paragraf rata tengah.
3). Align
Text Right mengatur paragraf rata kanan.
c. Cut,
Paste, dan Copy
Cut
digunakan untuk memindahkan data dari satu sell ke sell yang lain. Untuk
menggunakan menu ini caranya seleksi data – klik ikon Cut pada menu Home.
Contoh untuk
memindahkan data pada sell A1 caranya :
1). Aktifkan
sell A1
2). Klik
ikon Cut
Paste
digunakan untuk menampilkan data setelah di Cut atau di Copy. Untuk menggunakan
menu ini caranya seleksi sell di mana data akan ditempatkan – klik ikon Paste
pada menu Home.
Contoh untuk
menampilkan data sell A1 yang di-Cut ke dalam sell B2 caranya :
1). Aktifkan
sell B2
2). Klik
ikon Paste
Copy
digunakan untuk menyalin data dari suatu sel. Untuk menggunakan menu ini
caranya seleksi data – klik ikon copy pada menu Home.
Contoh untuk
menyalin data pada sell A1 caranya :
1). Aktifkan
Sell A1
2). Klik
ikon Copy
Selanjutnya
untuk menampilkan data salinan A1 klik ikon Paste.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar