Senin, 09 Maret 2015

MATERI KELAS VII SEMESTER 1



KELAS VII

Standar Kompetensi       : Memahami Penggunaan TIK dan Prospeknya di Masa Mendatang.
Kompetensi Dasar           : Menjelaskan Peranan TIK dalam Kehidupan Sehari – hari.
Materi Pokok                     : Peranan dan Keuntungan TIK dalam Berbagai Bidang.

MATERI

A.      PERANAN TIK Dalam BIDANG PENDIDIKAN
Ada banyak bentuk pemanfaatan teknologi informmasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan yang dapat dilakukan antara lain sebagai berikut :
1.       Berbagi Hasil Penelitian.
2.       Konsultasi dengan Pakar.
3.       Perpustakaan Online, adalah perpustakaan dalam bentuk digital yang ditempatkan di Internet.
4.       Diskusi Online, adalah diskusi yang dilakukan di Internet.
5.       Kelas Online.
Keuntungan yang diperoleh para peserta didik dari pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pendidikan antara lain :
a.       Dapat mengakses informasi – informasi hasil penelitian orang lain.
b.      Akses ke sumber pengetahuan dapat dilakukan dengan lebih mudah.
c.       Akses ke para ahli menjadi lebih mudah karena tidak dibatasi oleh jarak dan waktu.
d.      Materi – materi pelajaran yang disampaikan inteaktif dan menarik.
e.      Melalui belajar jarak jauh kendala biaya dan waktu dapat dibatasi dengan kelas online.
                Keuntungan lembaga penyelenggara dengan adanya TIK, antara lain :
a.       Dapat berbagi hasil penelitian dengan lembaga atau institusi lain.
b.      Dapat memberikan layanan yang lebih baik kepada peserta didik.
c.       Dapat menjangkau pelajar atau mahasiswa yang berada di tempat lain.
d.      Biaya menyediakan buku – buku dapat dikurangi.
e.      Dapat saling berbagai sumber ilmu dengan institusi lain.
B.      TIK Menunjang Bisnis
1.       Internet banking, adalah layanan perbankan yang dilakukan dengan menggunakan internet.
Keuntungan internet banking bagi BANK :
a.       Jumlah nasabah yang datang ke bank sedikit.
b.      Jumlah pegawai yang harus melayani nasabah dapat dikurangi.
c.       Luas kantor yang harus disediakan menjadi lebih kecil.
d.      Bank dapat memberikan keleluasaan kepada nasabah untuk bertransaksi akan menambah kesetiaan nasabah pada bank.
2.       SMS Banking, adalah layanan perbankan dari bank yang dilakukan dengan menggunakan Internet.
3.       E – commerce, adalah perdagangan yang dilakukan dengan memanfaatkan jaringan telekomunikasi, terutama Internet.
Keuntungan yang diperoleh perusahaan :
a.       Memungkinkan perusahaan dapat menjangkau pasar yang lebih luas.
b.      Perusahaan tidak perlu membuka banyak cabang distribusi.
c.       Biaya dapat dikurangi karena tidak perlu menyediakan toko besar dan pegawai banyak.
d.      Barang dapat dijual dengan murah maka banyak konsumen yang dapat menjangkau harga barang.
e.      Meningkatkan daya saing perusahaan.
                Keuntungan yang diperoleh konsumen :
a.       Konsumen tidak perlu mendatangi toko.
b.      Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya transportasi.
c.       Konsumen lebih mempunyai banyak pilihan.
d.      Konsumen dapat membeli barang yang ada di negara lain harga barang yang dibeli menjadi lebih rendah.
C.      TIK Dalam Bidang Pemerintahan
a.       G2C (Government to Citizen) : pemanfaatan TIK untuk melayani kebutuhan  masyarakat luas.
b.      G2B (Government to Business) : pemanfaatan TIK untuk melayani dunia usaha.
c.       G2G (Government to Government) : pemanfaatan TIK untuk melayanikebutuhn lembaga pemerintahan lain, departemen lain, pemerintah diatas atau dibawahnya, dll.
                Pemanfaatan TIK dalam bidang pemerintahan memberikan keuntungan kepada masyarakat :
1)      Meningkatkan layanan kepada masyarakat, pelayanan tidak tergantung pada jam kantor.
2)      Meningkatkan hubungan pemerintah dengan dunia usaha masyarakat.
3)      Tersedia informasi yang lebih mudah diakses oleh masyarakat.
4)      Hilangnya birokrasi yang selama ini menjadi momok dunia usaha.
D.      Peranan TIK dalam Bidang Sosial.
                Untuk menanggulangi kemiskinan di pedesaan, pemerintah melalui BAPPENAS dan bekerja sama dengan UNDP membuat sebuah program yang disebut ICT4PR, (Information and Communication for Poverty Reduction) TIK untuk menanggulangi kemiskinan.
                Menurut ICT4PR kemiskinan di daerah pedesaan disebabkan oleh : pendidikan rendah, tingkat kualitas kesehatan rendah, ekonomi lemah, kepemilikan alat – alat produksi yang terbatas, rendahnya keterampilan masyrakat.
                ICT4PR membangun pusat – pusat TIK yang disebut telecenter di enam provinsi di Indonesia, yakni : Jawa Tengah, Jawa Timur, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Gorontalo, dan Papua sebagai percontohan.
                Manfaat telecenter bagi masyarakat :
1.       Sebagai sumber informasi dan sarana belajar bagi masyarakat.
2.       Sebagai sarana melihat pasar yang lebih luas dari produk setempat.
3.       Menumbuhkan jiwa kewirausahaan masyarakat.
4.       Meningkatkan informasi kesehatan.
5.       Mengembangkan perdagangan melalui e – commerce.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar